Nama :melyana dewi
Npm : 14210353
Kelas : 3EA16
Demografi berasal dari bahasa yunani
yang berarti “demos” = rakyat atau penduduk dan “grafein” = menulis. jadi
demografi adalah tulisan-tulisan atau karangan-karangan mengenai rakyat atau
penduduk. istilah ini untuk pertama kalinya dipakai oleh achille guillard dalam
karangannya berjudul “elements de statistique humaine on demographic compares”
pada tahun 1885. Jadi, ..
FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI
SOSIAL - EKONOMI. Strata sosial dan
perubahan keadaan perekonomian perlu pula Anda cermati karena sangat berkaitan dengan
daya beli/potensi pasar sasaran, misalnya keadaan perekonomian yang stagnant
seperti saat ini mungkin sebaiknya Anda merevisi/menunda investasi yang tidak
terlalu penting. Tunggu sampai ada tanda tanda pertumbuhan ekonomi yang
significant. Anda dapat melakukan penilaian dengan alat ukur makro ekonomi
seperti: PDB (Produk Domestik Bruto), tingkat suku bunga, Neraca Pembayaran,
Angka Pengangguran, dsb.
BUDAYA. Faktor budaya mempengaruhi
kemauan membeli dan pola pembelian terhadap barang dan jasa, implikasinya bila
rumah sakit Anda berada di lokasi tertentu yang mayoritas penduduknya dari
kelompok etnik tertentu dan memiliki karakteristik tertentu pula, tentu Anda
akan berusaha mencari bentuk dan cara pelayanan yang sesuai dengan
budaya/kebiasaan membeli mereka.
POLITIK. Seperti budaya, situasi
politik akan mempengaruhi kemauan membeli, karena dalam situasi politik yang
tidak menentu orang akan menunda/mengurangi pembelian barang-barang yang bukan
kebutuhan primer dan lebih banyak menyimpan uang (US dollar misalnya) untuk
berjaga-jaga. Begitu pula Anda akan mengadakan penyesuaian penyesuaian di dalam
strategi Anda, misalnya mengfokuskan pelayanan Anda di bidang yang merupakan
kekuatan Anda dan menciutkan atau menghilangkan pelayanan yang potential akan mendatangkan
kerugian, misalnya mengurangi tempat tidur ICU/ICCU. Mengfokuskan diri kepada
pelayanan tertentu dapat dilakukan dengan downsizing atau downshifting.
TEKNOLOGI. Rumah sakit sering kali
dikaitkan dengan bisnis yang mengikuti teknologi, terutama teknologi
kedokteran, sehingga mudah dimengerti adanya teknologi baru yang lebih baik
akan membuat Anda mempertimbangkan menggunakannya untuk kepentingan pelanggan
Anda. Bila Anda berpikir bahwa lingkungan industri menyimpan masalah persaingan
dan kerja sama (aliansi), maka pendapat Anda dapat dikatakan tepat
FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI YANG DAPAT MEMPENGARUHI KEPUTUSAN
PEMASARAN
Dalam pemasaran untuk mengetahui
perilaku konsumen, data-data demografi dikumpulkan kepada pemerintah agar
pemerintah memiliki data yang lengkap dan mengetahui karakteristik penduduk.
Hal ini penting untuk menentukan arah kebijakan sebagai upaya perlindungan
konsumen. Variabel usia, pendidikan, pekerjaan, dan letak geografi penting
untuk dikumpulkan karena variabel-variabel tersebut mempengaruhi pola perilaku
konsumen melalui perbedaan-perbedaan sikap dan persepsi yang ditimbulkan.
Dari berbagai macam karakteristik atau variabel demografi,
yang paling menonjol saat ini adalah masalah kependudukan dalam gaya hidup.
Gaya hidup merupakan pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih
untuk menggunakan waktu, uang dan energi dan merefleksikan nilai-nilai, rasa,
dan kesukaan.
Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian.
Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan
uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka. Kepribadian menggambarkan
konsumen lebih kepada perspektif internal, yang memperlihatkan karakteristik
pola berpikir, perasaan dan persepsi mereka terhadap sesuatu. Gaya hidup yang
diinginkan oleh seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam
dirinya, dan selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan mengubah gaya hidup
individu tersebut.Dengan semakin berkembangnya zaman, masyarakat kota atau desa
akan memiliki gaya hidup yang tinggi.
Tidak lepas dari gaya hidup, demografi kelas sosial dalam
perilaku konsumen mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Kelas sosial adalah
pembagian masyarakat ke dalam kelas-kelas yang berbeda atau strata yang berbeda
yang menggambarkan perbedaan pendidikan, pendapatan, pemilikan harta benda,
gaya hidup, nilai-nilai yang dianut dan selanjutnya perbedaan tersebut akan
mempengaruhi konsumsi seseorang atau keluarga. Kelas sosial penting dalam segi
eknomi dan bisnis karena kelas sosial digunakan oleh produsen dalam menentukan
segmentasi suatu produk barang atau jasa. Sebagai contoh, produsen kendaraan
BMW dan produk Amerika cenderung membidik konsumen dengan kelas sosial atas.
Dengan adanya demografi dalam perilaku konsumen, dapat
dibuktikan bahwa peran demografi sangat berpengaruh dalam perilaku konsumen.
Karakteristik atau faktor-faktor tersebut merupakan dasar yang paling populer
dalam mensegmentasi kelompok konsumen, sehingga para produsen akan mudah
merancang produknya sesuai karakteristik demografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar