Minggu, 21 Oktober 2012



Nama :melyana dewi
Npm : 14210353
Kelas : 3EA16




Demografi berasal dari bahasa yunani yang berarti “demos” = rakyat atau penduduk dan “grafein” = menulis. jadi demografi adalah tulisan-tulisan atau karangan-karangan mengenai rakyat atau penduduk. istilah ini untuk pertama kalinya dipakai oleh achille guillard dalam karangannya berjudul “elements de statistique humaine on demographic compares” pada tahun 1885. Jadi, ..

FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI

SOSIAL - EKONOMI. Strata sosial dan perubahan keadaan perekonomian perlu pula Anda cermati karena sangat berkaitan dengan daya beli/potensi pasar sasaran, misalnya keadaan perekonomian yang stagnant seperti saat ini mungkin sebaiknya Anda merevisi/menunda investasi yang tidak terlalu penting. Tunggu sampai ada tanda tanda pertumbuhan ekonomi yang significant. Anda dapat melakukan penilaian dengan alat ukur makro ekonomi seperti: PDB (Produk Domestik Bruto), tingkat suku bunga, Neraca Pembayaran, Angka Pengangguran, dsb.
BUDAYA. Faktor budaya mempengaruhi kemauan membeli dan pola pembelian terhadap barang dan jasa, implikasinya bila rumah sakit Anda berada di lokasi tertentu yang mayoritas penduduknya dari kelompok etnik tertentu dan memiliki karakteristik tertentu pula, tentu Anda akan berusaha mencari bentuk dan cara pelayanan yang sesuai dengan budaya/kebiasaan membeli mereka.
POLITIK. Seperti budaya, situasi politik akan mempengaruhi kemauan membeli, karena dalam situasi politik yang tidak menentu orang akan menunda/mengurangi pembelian barang-barang yang bukan kebutuhan primer dan lebih banyak menyimpan uang (US dollar misalnya) untuk berjaga-jaga. Begitu pula Anda akan mengadakan penyesuaian penyesuaian di dalam strategi Anda, misalnya mengfokuskan pelayanan Anda di bidang yang merupakan kekuatan Anda dan menciutkan atau menghilangkan pelayanan yang potential akan mendatangkan kerugian, misalnya mengurangi tempat tidur ICU/ICCU. Mengfokuskan diri kepada pelayanan tertentu dapat dilakukan dengan downsizing atau downshifting.


TEKNOLOGI. Rumah sakit sering kali dikaitkan dengan bisnis yang mengikuti teknologi, terutama teknologi kedokteran, sehingga mudah dimengerti adanya teknologi baru yang lebih baik akan membuat Anda mempertimbangkan menggunakannya untuk kepentingan pelanggan Anda. Bila Anda berpikir bahwa lingkungan industri menyimpan masalah persaingan dan kerja sama (aliansi), maka pendapat Anda dapat dikatakan tepat

FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI YANG DAPAT MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMASARAN
Dalam pemasaran untuk mengetahui perilaku konsumen, data-data demografi dikumpulkan kepada pemerintah agar pemerintah memiliki data yang lengkap dan mengetahui karakteristik penduduk. Hal ini penting untuk menentukan arah kebijakan sebagai upaya perlindungan konsumen. Variabel usia, pendidikan, pekerjaan, dan letak geografi penting untuk dikumpulkan karena variabel-variabel tersebut mempengaruhi pola perilaku konsumen melalui perbedaan-perbedaan sikap dan persepsi yang ditimbulkan.
Dari berbagai macam karakteristik atau variabel demografi, yang paling menonjol saat ini adalah masalah kependudukan dalam gaya hidup. Gaya hidup merupakan pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu, uang dan energi dan merefleksikan nilai-nilai, rasa, dan kesukaan.
Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka. Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada perspektif internal, yang memperlihatkan karakteristik pola berpikir, perasaan dan persepsi mereka terhadap sesuatu. Gaya hidup yang diinginkan oleh seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya, dan selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan mengubah gaya hidup individu tersebut.Dengan semakin berkembangnya zaman, masyarakat kota atau desa akan memiliki gaya hidup yang tinggi.
Tidak lepas dari gaya hidup, demografi kelas sosial dalam perilaku konsumen mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Kelas sosial adalah pembagian masyarakat ke dalam kelas-kelas yang berbeda atau strata yang berbeda yang menggambarkan perbedaan pendidikan, pendapatan, pemilikan harta benda, gaya hidup, nilai-nilai yang dianut dan selanjutnya perbedaan tersebut akan mempengaruhi konsumsi seseorang atau keluarga. Kelas sosial penting dalam segi eknomi dan bisnis karena kelas sosial digunakan oleh produsen dalam menentukan segmentasi suatu produk barang atau jasa. Sebagai contoh, produsen kendaraan BMW dan produk Amerika cenderung membidik konsumen dengan kelas sosial atas.
Dengan adanya demografi dalam perilaku konsumen, dapat dibuktikan bahwa peran demografi sangat berpengaruh dalam perilaku konsumen. Karakteristik atau faktor-faktor tersebut merupakan dasar yang paling populer dalam mensegmentasi kelompok konsumen, sehingga para produsen akan mudah merancang produknya sesuai karakteristik demografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar